Puskari

Info Kegiatan

SOSIALISASI SISTEM JAMINAN MUTU DAN KEAMANAN HASIL PERIKANAN DI STASIUN KARANTINA IKAN KELAS I PATTIMURA AMBON

Terkait Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan nomor 15 tahun 2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian dan Perikanan serta peraturan menteri nomor 19 tahun 2010 tentang Pengendalian Sistem Jaminan Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan maka Stasiun Karantina Ikan Kelas I Pattimura Ambon melaksanakan kegiatan Sosialisasi Sistem Jaminan Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan pada tanggal 27 Juni 2011 dengan pemateri Bapak Prof. DR. Ir. M. Syamsul Ma’arif, M.Eng.Dipl.Ing selaku Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Kemanan Hasil Perikanan (BKIPM) dan Bapak. M. Ridwan, MM., MP selaku Kepala Pusat Karantina Ikan serta dihadiri oleh Unit – Unit Pengolahan Ikan di wilayah pulau Ambon dan sekitarnya.

Kegiatan sosialisasi dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada Unit Pengolahan Ikan (UPI) mengenai pengalihan tugas dan fungsi pengendalian mutu dan keamanan hasil perikanan dari Dirjen P2HP kepada BKIPM sesuai Permen KP Nomor 15 tahun 2010 dan kewenangan kepala BKIPM selaku “Otoritas Kompeten” dalam hal pengendalian sistem jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan. yang meliputi : inspeksi, verifikasi, surveillance, pengambilan contoh, pengujian dan sertifikasi.

Dalam arahannya Kepala BKIPM memberikan apresiasi terhadap UPI yang teregister di Indonesia dan mendorong UPI-UPI yang berada di Provinsi Maluku untuk segera mendaftarkan perusahaannya sehingga memperoleh Sertifikat HACCP terutama dikarenakan Wilayah Provinsi Maluku selaku “Lumbung Ikan Nasional”. Disampaikan pula dalam rangka pelayanan prima BKIPM melaksanakan Program Inovatif BKIPM berupa ;

 

*      Pelayanan sertifikasi secara on line

*      Penerapan Bio Security di Kawasan Minapolitan dalam hal pengendalian HPIK

*      Health Certificate 1 Hari dengan In Proses Inspection

*      Penerapan sistem Traceability pada rantai supply pada produk perikanan berbasis IT di Kawasan Minapolitan.

Sedangkan untuk mendukung visi misi KKP, BKIPM dan program inovatif BKIPM menurut Kepala Pusat Karantina Ikan dalam arahannya, Karantina Ikan mengaplikasikan pengujian Real Time PCR yang dapat melakukan pengujian sebanyak 46 sampel uji untuk 6 jenis penyakit dimana hanya dalam 5 jam pengujian telah dapat diperoleh hasil ujinya. Selain itu juga diterapkan kebijakan berupa Good Quarantine System Certification dalam In Process Inspection. Diharapkan dengan adanya kegiatan Sosialisasi ini dapat memberikan pencerahan dan pemahaman kepada Unit Pengolahan Ikan untuk pengendalian sistem jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan.

 


Komentar :

*) Hanya tersimpan apabila anda telah login

Info terkait



3 online
Tidak bisa melakukan koneksi data ke