Indonesia | English
 
Pilih Operator pada kolom sebelah kiri
untuk melakukan Chat dengan menggunakan Y! messenger


 
Download YM!
 


CAPCHA » CAPCHA »
 
 
Anda dapat menuliskan pengaduan, kritik dan saran kepada BKIPM
kami akan secepatnya merespon pesan anda

terima kasih

53.090.569
 
 
 
 
Tingkatkan Kompetensi, Karantina Ikan Makassar Gelar Pelatihan HACCP

Selasa, 17 Januari 2017 03:21, oleh: Administrator
 

LiputanUTAMA.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Balai Besar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Makassar melaksanakan Pelatihan Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) Dasar Lingkup Unit Pengolahan Ikan di Sulawesi Selatan.

Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari, tanggal 16 sampai 19 Januari 2017 di Hotel Dalton Makassar. Kegiatan ini diikuti oleh 65 orang dari 46 UPI dan bertujuan untuk menghasilkan Quality Control yang memiliki kapasitas dan kompetensi di bidang mutu dalam rangka memberikan jaminan terhadap produk perikanan sehingga aman dikonsumsi dan bernilai ekonomi tinggi. Pelatihan HACCP Dasar dibuka oleh Kepala Pusat Sertifikasi Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan KKP Widodo Sumiyanto.

Dalam sambutannya, Widodo menyatakan Sulawesi Selatan sebagai role model industri perikanan Indonesia memiliki 78 Unit Pengolahan Ikan dan pada tahun 2016 telah diterbirkan 217 sertifikat HACCP dan 8.616 sertifikat kesehatan mutu. “Keamanan produk perikanan merupakan permasalahan pangan saat ini. Kasus keracunan pangan dan kontaminasi bakteri patogen di negara mitra merupakan contoh betapa pentingnya penerapan HACCP. Di BKIPM Makassar sendiri terdapat 27 inspektur mutu yang memiliki nomor registrasi untuk melaksanakan pengendalian mutu produk perikanan” ungkap Widodo.

Penulis: Muh. Irfan Rais (Kepala Seksi Data dan Informasi Balai Besar Karantina Ikan Makassar)



Komentar

Berita lain

 
Share | |