Indonesia | English
 
Pilih Operator pada kolom sebelah kiri
untuk melakukan Chat dengan menggunakan Y! messenger


 
Download YM!
 


CAPCHA » CAPCHA »
 
 
Anda dapat menuliskan pengaduan, kritik dan saran kepada BKIPM
kami akan secepatnya merespon pesan anda

terima kasih

53.052.602
 
 
 
 
Tingkatkan Koordinasi, BKIPM Konsolidasi Pengawasan Komoditas Perikanan

Rabu, 20 April 2016 02:44, oleh: Administrator
 

Indonesia mempunyai potensi lobster yang sangat besar dengan produksi tahun 2011 10.541 ton, tahun  2012: 13.459 ton dan tahun  2013: 16.482 ton namun Indonesia menempati Urutan kedua didunia setelah Vietnam untuk produksi lobster ukuran konsumsi. Setiap tahunnya Vietnam mampu memproduksi lobster lebih dari 1000 ton sedangkan Indonesia hanya bisa 10 -50 ton. Menurut FAO ( 2011), sekitar 2-3 Juta ekor benih Lobster Hasil tangkapan alam diunakan untuk budidaya lobster di Vietnam. Pada bulan Januari-Oktober 2014, Vietnam telah mengimpor sebanyak 4,9 juta bibit lobster hasil tangkapan nelayan di Pulau Lombok (Dinas Perikanan Lombok).

 Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kementerian Kelautan dan Perikanan, menyelaenggarakan Rapat Konsolidasi Pengawasan Komoditas Perikanan Sebagai Implementasi Kepmen KP No. 01/2015, di Auditorium GMB IV, Rabu (20/4).

Rapat konsolidasi yang diinisiasi oleh Pusat Karantina dan Keamanan Hayati Ikan ini terkait dengan kebijakan penangkapan lobster, kepiting dan rajungan di beberapa daerah penghasil lobster, kepiting dan rajungan terutama di pantai selatan pulau Jawa. 
Daerah-daerah penghasil komoditas perikanan terkait PermenKP No. 01/2015 tersebut meliputi : Serang, Lebak, Sukabumi, Cianjur, Pangandaran, Tasikmalaya, Gunung Kidul, Cilacap, Banyuwangi, Bantul, Tulungagung, dan Trenggalek. 
Acara ini dibuka oleh Kepala BKIPM, Rina. Dalam sambutannya, Rina berharap dengan adanya kegiatan ini akan mempererat Koordinasi Pengawasan Implementasi Permen KP 01 tahun 2015 mengundang narasumber dari PSDKP, Balitbang KP, DJPB, BPSDM dan DJPT. 
Pada rapat konsolidasi ini dihadiri oleh para Kepala Dinas kelautan dan Perikanan dan Kepala UPT BKIPM dari daerah penghasil lobster, kepiting dan rajungan. Kepala UPT BKIPM yang hadir pada acara ini : BKIPM Jakarta I, Jakarta II, Merak, Bandung, Cirebon, Surabaya I, Surabaya II dan BUSKIPM. 



Komentar

Berita lain

 
Share | |