Indonesia | English
 
Pilih Operator pada kolom sebelah kiri
untuk melakukan Chat dengan menggunakan Y! messenger


 
Download YM!
 


CAPCHA » CAPCHA »
 
 
Anda dapat menuliskan pengaduan, kritik dan saran kepada BKIPM
kami akan secepatnya merespon pesan anda

terima kasih

53.052.513
 
 
 
 
3 Tahun Penjara Untuk Eksportir Ikan Arwana Illegal

Senin, 18 April 2016 08:07, oleh: Administrator
 

Kamis/14 april 2016, Bertempat di Kantor Balai Besar Karantina Ikan Jakarta I, Kepala Badan Karantina Ikan beserta jajarannya menggelar Jumpa Press terkait upaya penggalan 1.171 ekor ikan arwana dengan tujuan ekspor ke Singapura. Ikan arwana yang diperkirakan bernilai ekonomi Rp 1.946.000.000 itu hingga kini masih ditahan di instalasi BKIPM Jakarta I.

Diutarakan oleh Kepala BKIPM, Rina, Tim Jakarta I pada tanggal 29 Maret 2016 pukul 23.00 WIB, seperti biasa melakukan pemeriksaan dokumen karantina dari komoditas perikanan asal Pekan Baru, Riau. “Dalam dokumen itu menyatakan berisi barang kiriman berupa ikan Botia. Setelah dilakukan pemeriksaan oleh petugas BKIPM Jakarta I ternyata isi barang dalam dokumen itu adalah ikan Arwana,” kata Rina.

Rina juga mengungkapkan, atas pelanggaran tersebut eksportir Arwana bisa terancam hukuman kurungan 3 tahun atau denda Rp 150 juta (UU Karantina Hewan dan Ikan). “Karena itu kami terus berupaya meningkatkan pengawasan pelaksanaan pilar sasaran strategis secara menyeluruh, baik di bidang pengendalian hama dan penyakit ikan, karantina, pengendalian mutu, dan keamanan hasil perikanan serta pengendalian keamanan hayati ikan,” papar Rina. Sebagai Instansi yang bertugas di pintu pemasukan dan pengeluaran, BKIPM juga melaksanakan sistem kontrol pada CITES terkait pencegahan ekspor/impor hasil perikanan yang tidak memenuhi persyaratan dan meminimalkan penolakan ekspor negara mitra. “Pada pelaksanaan sistem kontrol pada Cites, akhir Maret lalu BKIPM juga berhasil mengamankan 793 ekor Arwana Golden ukuran 10 Cm yang termasuk dalam Apendiks 1 Cites. Kita juga berhasil mengamankan 378 ekor Arwana Silver Brazil ukuran 5-10 Cm, dan sepanjang tahun 2015 BKIPM telah menggagalkan lalu-lintas komoditas perikanan yang tak sesuai ketentuan senilai Rp 107,5 miliar. Terhitung sejak Januari-Maret 2016 pihaknya juga berhasil mengamankan komoditas perikanan tak sesuai ketentuan senilai Rp 99,5 miliar. tambah Kepala Badan mengakhiri Konfrensi Press siang itu.

 

 



Komentar

Berita lain

 
Share | |