Indonesia | English
 
Pilih Operator pada kolom sebelah kiri
untuk melakukan Chat dengan menggunakan Y! messenger


 
Download YM!
 


CAPCHA » CAPCHA »
 
 
Anda dapat menuliskan pengaduan, kritik dan saran kepada BKIPM
kami akan secepatnya merespon pesan anda

terima kasih

53.053.219
 
 
 
 
Kampung Lele Desa Hangtuah Kabupaten Kampar Siap Mensukseskan Pelaksanaan Forum Masyarakat Sadar Karantina Ikan dan Mutu Hasil Perikanan (FORMIKAN)

Rabu, 08 Juli 2015 08:49, oleh: Administrator
 

Budidaya ikan lele nampaknya bisa menjadi satu diantara solusi menambah penghasilan di tengah menurunnya daya beli akibat kenaikan BBM, dan juga melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika. Apa yang dilakukan oleh warga Masyarakat Kampung Lele Desa Hangtuah Kabupaten Kampar ini sepertinya bisa ditiru. Warga secara bersama-sama melakukan budidaya ikan lele yang hasilnya sangat menjanjikan. Meski dilakukan secara manual dalam jangka waktu 2-3 bulan mampu menghasilkan 300 Kg ikan lele. Jika di pasar harga 1 Kg lele yakni Rp 20 ribu dapat dibayangkan uang Rp 6 juta bisa dikantongi, jumlah yang lumayan untuk menambah penghasilan. 

Permintaan terhadap ikan berkumis panjang ini juga semakin meningkat seiring menjamurnya warung-warung makan yang menyediakan menu pecel lele ini. " Untuk sekarang ini penghasilan budidaya ikan lele sangat meningkat sehingga dapat meningkat perekonomian masyarakat setempat". kata  Bapak Mujiono selaku Sekretaris Desa Hangtuah.

Melihat Fenomena tersebut, Pengurus Forum Masyarakat Sadar Karantina Ikan dan Mutu Hasil Perikanan (FORMIKAN) wilayah Riau yang di prakarsai oleh  Stasiun KIPM Kelas I Pekanbaru(01/07/2015)telah melaksanakan Kampaye Masyarakat Sadar Karantina Ikan dan Mutu Hasil Perikanan di Kampung Lele Desa Hangtuah Kabupaten Kampar, dalam  acara diskusi dengan perangkat Desa dan Tokoh Masyarakat kepala Stasiun KIPM  Bapak M.W. Giri Pratikno,S.Pi,SH,MM  mengatakan, “Budidaya ikan lele di Kampung Lele Desa Hangtuah Kabupaten Kampar perlu ditingkatkan. Budaya ikan lele juga tentu berdampak positif bagi peningkatan ekonomi warga sekitar, peran aktif masyarakat seperti inilah yang harus selalu kita support,"

Camat Perhentian Raja Bapak Martyus mengatakan budidaya di Kampung Lele Desa Hangtuah merupakan kerja kelompok melalui kerjasama yang saling menguntungkan, meningkatkan keterampilan dan pengetahuan anggota dalam mengembangkan usaha dan pemasaran hasil. Tidak itu saja, misinya juga dengan harapan nanti akan dapat menumbuhkan anggota kelompok sebagai calon pengusaha yang profesional.

Seluruh masyarakat beserta Pemberintah Daerah siap mensukseskan Kampaye Forum Masyarakat Sadar Karantina Ikan dan Mutu Hasil Perikanan (FORMIKAN) di Kampung Lele Desa Hangtuah, diharapkan dengan kegiatan ini dapat mendongkrak konsumsi ikan sebagai pemenuhan gizi dan peningkatan potensi peningkatan produksi ikan (team wasdalin skipm-pku).



Komentar

Berita lain

 
Share | |