Indonesia | English
 
Pilih Operator pada kolom sebelah kiri
untuk melakukan Chat dengan menggunakan Y! messenger


 
Download YM!
 


CAPCHA » CAPCHA »
 
 
Anda dapat menuliskan pengaduan, kritik dan saran kepada BKIPM
kami akan secepatnya merespon pesan anda

terima kasih

53.090.543
 
 
 
 
Belitung MENGEBRAK ( IKANKU SEHAT BERMUTU LESTARI )

Jum'at, 22 Mei 2015 01:17, oleh: Administrator
 

Belitung, Kamis 21 Mei 2015 merupakan Puncak acara kegiatan BELITUNG MENGEBRAK yang diprakarsai oleh Stasiun KIPM Kls II Pangkal Pinang guna memperkuat kembali fungsi Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu di wilayah Kepulauan Bangka Belitung. 

Gelar aksi ini merupakan representasi dari Stasiun KIPM Kelas I Pangkalpinang, serta merupakan puncak dari rangkaian kegiatan yang diadakan sebelumnya yakni BIMTEK HACCP Dasar yang diikuti 40 orang peserta dari UPI, Dinas Kelautan dan Perikanan, PPN Tanjung Pandan serta UPT Stasiun KIPM Kelas I Pangkalpinang. Dan Sosialisasi Cara Karantina Ikan Yang Baik (CKIB) Pada unit pembudidaya ikan diikuti oleh 37 peserta dari pembudidaya ikan air tawar dan pembudidaya ikan air laut.

Ikanku Sehat, Bermutu Lestari bukan sekedar semboyan tetapi merupakan aksi nyata.

“Ikanku Sehat” bebas dari hama penyakit ikan (HPIK) ditunjukkan oleh kegiatan sosialisasi CKIB, dan dirasakan langsung  oleh masyarakat Belitung dimana komoditasnya terjamin kesehatannya menjadi komoditas unggulan untuk dilalulintaskan baik domestik lokal maupun ekspor.

“Bermutu” ditunjukkan oleh penerapan sistem jaminan mutu bagi Unit Pengolah Ikan (UPI) dengan kegiatan BIMTEK HACCP Dasar. Diharapkan mendukung langsung sistem jaminan mutu yang berguna bagi Uni Pengolah Ikan (UPI) sehingga pelaku perikanan belitung tidak hanya memasarkan produk perikanannya di Malaysia dan Singapura. Tetapi dapat bersaing di pasar Internasional seperti di Amerika dan Eropa sehingga dari segi pendapatan yang diperoleh lebih besar dan tinggi.

Sedangkan “Lestari” kita melaksanakan aksi nyata restoking atau tebar benih untuk menjaga kelangsungan sumber daya alam hayati dan pemberian bantuan jaring kepada nelayan penangkap rajungan dengan ukuran mata jaring 4 inchi agar rajungan yang tertangkap sesuai dengan PERMEN-KP No.1/2015. 

Hadir dalam acara tersebut Gubenur Bangka Belitung, Rustam Effendi, Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) dan Wakil Bupati Belitung Erwandi A, Rani dan Jajaran Permprov Babel dan Pemkab Belitung. sekitar 200 orang pembudidaya perikanan serta para pelajar menengah atas di Kabupaten Belitung. 

Belitung memiliki potensi hasil laut cukup besar di Indonesia. Setahun potensi perikanan laut di Belitung bisa mencapai Rp 600 miliar. Tidak hanya hasil laut jenis ikan tengiri dan kakap merah, ternyata Belitung juga penghasil kepiting rajungan terbesar di Indonesia.

 "Belitung adalah penghasil rajungan terbesar di Indonesia," kata Nandang Koswara, Kepala Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan, Kementerian Kelautan Perikanan, Kamis (21/5/2015) saat pembukaan acara Gelar Aksi Belitung Menggebrak di Aula UPTD Kolong Keramik, Tanjungpandan.

Dia menyebut angka Rp 600 miliar per tahun untuk potensi perikanan di Belitung. Namun, kata dia, permasalahannya terletak pada pemasaran.

 Sementara Kepala Badan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) menyatakan bahwa pihaknya melalui Stasiun KIPM Kelas II Pangkal Pinang  menjamin pemberian sertifikasi mutu dan keamanan hasil perikanan untuk ekspor mengingat selama ini sertifikasi dilakukan di wialayah Riau. 

 

 

 

 



Komentar

Berita lain

 
Share | |