Indonesia | English
 
Pilih Operator pada kolom sebelah kiri
untuk melakukan Chat dengan menggunakan Y! messenger


 
Download YM!
 


CAPCHA » CAPCHA »
 
 
Anda dapat menuliskan pengaduan, kritik dan saran kepada BKIPM
kami akan secepatnya merespon pesan anda

terima kasih

53.055.254
 
 
 
 
PT. ASI PUDJI ASTUTI DAN WILKER SIMEULUE MELAKUKAN PELEPASAN 85 EKOR LOBSTER YANG BERUKURAN DI BAWAH 200 GRAM

Senin, 16 Februari 2015 01:40, oleh: Administrator
 

PT. ASI PUDJI ASTUTI DAN WILKER SIMEULUE MELAKUKAN PELEPASAN 85 EKOR LOBSTER YANG BERUKURAN DI BAWAH 200 GRAM

 

Permen KP Nomor 01 Tahun 2015 tentang penangkapan lobster, kepiting, dan rajungan merupakan wujud dari keprihatinan dan kepedulian Ibu Susi Pudji Astuti terhadap penurunan kuantitas dan kualitas sumberdaya perikanan dan kelautan di Indonesia. Beliau yang telah menjalankan usaha perikanan terutama lobster selama 30 tahun melalui PT. ASI Pudji Astuti, menyadari kini saatnya menyelamatkan keberlangsungan dan kelestarian sumberdaya kelautan dan perikanan, terutama lobster, kepiting dan rajungan khususnya, melalui kewenangan yang beliau miliki selaku Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. Walaupun mendapatkan perlawanan dari pelaku usaha dan sebagian masyarakat, namun beliau tetap kukuh menerapkan aturan tersebut.

PT. ASI Pudji Astuti yang merupakan motor bisnis perikanan lobster Ibu Susi selama 30 tahun, walaupun kini sudah dilepasnya sejak menjabat Menteri, sudah seharusnya dapat menjadi teladan dan berdiri di barisan terdepan bagi pengusaha lainnya dalam menjalankan peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 01 tahun 2015 tersebut. Dengan wilayah bisnisnya yang umumnya menjangkau daerah terpencil yang kaya sumberdaya ikan di pelosok Indonesia, tentu seharusnya sudah cukup familiar dengan prosedur dan peraturan karantina ikan. Di Kabupaten Simeulue Aceh, PT. ASI Pudji Astuti telah melakukan bisnis lobster pasca tsunami tahun 2005. Kini juga telah melebarkan usahanya sampai ke Kabupaten Singkil.


Dalam rangka menindaklanjuti Permen KP No. 01 tahun 2015, pada tanggal 29 Januari 2015 PT. ASI Pudji Astuti yang diwakili oleh manajernya Bapak Rustam bersama petugas wilker karantina ikan Simeulue, Andrie Setiawan, A.Md dan Swisman, A.Md, melakukan pelepasan 85 ekor lobster yang berukuran di bawah 200 gram di Perairan Pulau Sevelak atau yang lebih dikenal sebagai Pulau Susi oleh masyarakat setempat. Lobster-lobster yang berukuran di bawah 200 gram ini atau tidak memenuhi persyaratan Surat Edaran Men KP Nomor 18 tahun 2015, merupakan hasil pembelian dari para nelayan sebelumnya. Setelah adanya sosialisasi dari petugas karantina, maka lobster-lobster yang berukuran kecil tersebut ditampung untuk kemudian dilepaskan kembali ke alam.

Pulau Sevelak atau yang lebih dikenal sebagai Pulau Susi, beberapa waktu lalu sempat menjadi perhatian masyarakat dan media karena berita kepemilikan pulau secara illegal  oleh Ibu Susi. Namun pada kenyataannya Pulau Sevelak tersebut merupakan lokasi pembiakan dan konservasi lobster yang dikembangkan oleh Ibu Susi, agar sumberdaya lobster di Kepulauan Simeulue tetap lestari.

 

Wasdalin SKIPM Kelas I Aceh



Komentar

Berita lain

 
Share | |