Indonesia | English
 
Pilih Operator pada kolom sebelah kiri
untuk melakukan Chat dengan menggunakan Y! messenger


 
Download YM!
 


CAPCHA » CAPCHA »
 
 
Anda dapat menuliskan pengaduan, kritik dan saran kepada BKIPM
kami akan secepatnya merespon pesan anda

terima kasih

53.090.668
 
 
 
 
Highlight IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN NOMOR 1/PERMEN-KP/2015 SURAT EDARAN KEPALA BADAN KIPM NOMOR 20/BKIPM/I/2015 DAN . . .

Senin, 02 Februari 2015 07:45, oleh: Administrator
 

Berita Stasiun KIPM Kelas I Pontianak (Januari 2015)

IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN NOMOR 1/PERMEN-KP/2015  SURAT EDARAN KEPALA BADAN KIPM NOMOR 20/BKIPM/I/2015 DAN SURAT EDARAN MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN NOMOR 18/MEN-KP/I/2015 (PERUBAHAN)

Menindak lanjuti Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No.1/PERMEN-KP/2015  dan Surat Edaran Kepala Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan No.20/BKIPM/I/2015, maka Stasiun KIPM Kelas I Pontianak merespon dengan cepat yaitu dengan keluarnya Surat Edaran Kepala Stasiun KIPM No.B.97/11.0/KM.810/I/2015 tentang Sosisalisasi Peningkatan Pengawasan dan Pencegahan Terhadap Larangan Penangkapan dan Peredaran Produk Perikanan Berupa Komoditi Lobster (Panulirus spp), Kepiting dan Kepting Soka (Scylla spp) serta Rajungan (Portunus pelagicus spp).

Upaya-upaya yang telah dilaksanakan adalah dengan terjun langsung ke lapangan dan mengadakan sosialisasi di wilayah kerja Stasiun KIPM kelas I Pontianak. Turun kelapangan dengan melihat ke farm-farm pemilik dan diskusi tentang berlakunya permen dimaksud hal ini dimaksudkan agar pelaku usaha kepiting,lobster dan rajungan mengerti dan memahami, namun kendalanya bahwa barang yg diterima dari nelayan adalah semua jenis ukuran sehingga ini menjadi permasalahan.

Sosialisasi di Wilker Ketapang dengan mengundang para pegiat usaha Rajungan dan hadir sebanyak 24 orang perwakilan disamping itu hadir juga perwakilan dari Dinas KP Kab. Ketapang, UPT PSDKP Kab. Ketapang, Peruhubungan Udara (Avsec) Bandara Udara Rahadi Usman Ketapang serta para Ekspedisi. Materi yang disampaikan Tugas pokok dan fungsi Karantina Ikan Undang-Undang No.16 tahun 1992 tentang Karantina Tumbuhan,Ikan dan Hewan dan Peraturan Pemerintah No.15 tahun 2002 tentang Karantina Ikan (KaSubSie Wasdalin), Paparan tentang sertifikasi terkait surat edaran Kepala BKIPM tentang sertifikasi komoditi perikanan (KaSubSie Tata Pelayanan) dan implementasi Permen KP Nomor 1/PERMEN-KP/2015 tentang Penangkapan Lobster (Panulirus spp), Kepiting (Scylla spp) dan Rajungan (Portunus pelagycus spp).

 

Hasil yang di capai adalah :

a.     Perlunya kordinasi yang lebih intens antara dinas terkait dalam mensosialisasikan Permen  dimaksud

b.     Perlu pendekatan secara arif terhadap nelayan guna kesadaran pentingnya kelestarian alam

c.    Pada tingkat suplier tidak mempermasalahkan permen tersebut namun komoditi yang diterima harus melalui pemeriksaan  ketat  terkait berat dan ukuran.

 

 

 

 



Komentar

Berita lain

 
Share | |