Indonesia | English
 
Pilih Operator pada kolom sebelah kiri
untuk melakukan Chat dengan menggunakan Y! messenger


 
Download YM!
 


CAPCHA » CAPCHA »
 
 
Anda dapat menuliskan pengaduan, kritik dan saran kepada BKIPM
kami akan secepatnya merespon pesan anda

terima kasih

53.055.322
 
 
 
 
Highlight UPT Stasiun KIPM Kelas I Padang Berhasil Menggagalkan Pengiriman Lobster (Panulirus sp) Dalam Kondisi Bertelur dan Berat Kurang dari 200 gr/ekor

Senin, 26 Januari 2015 02:29, oleh: Administrator
 

Pada hari Kamis, 22 Januari 2015, melalui kegiatan pemeriksaan ulang atau cek fisik di kantor Stasiun KIPM Kelas I Padang, petugas Karantina Ikan di Padang berhasil menggagalkan upaya pengiriman lobster (Panulirus sp) kondisi bertelur sebanyak 4 ekor dan berat kurang dari 200 gr sebanyak 38 ekor.

Adapun kronologis kejadian adalah sebagai berikut :  

1. Pada Jam 15.39 WIB pada saat petugas karantina ikan Padang sedang piket harian seperti biasa, datang pengguna jasa atas nama CV. TMW (Farm Roni) akan mengirim komoditi lobster (Panulirus sp) tujuan Jakarta dengan penerima Udin/IRW sebanyak 1 koli. Kemudian sesuai dengan SOP dilakukan pemeriksaan fisik ulang ditemukan 2 ekor dalam keadaan bertelur dan 2 ekor yang mempunyai berat di bawah 200 gr. Kemudian dilakukan penahanan karena bertentangan dengan Permen KP Nomor: 1/PERMEN-KP/2015 dan Surat Edaran Nomor: 18/Men-KP/I/2015 tentang Penangkapan Lobster (Panulirus spp), Kepiting (Scylla spp), dan Rajungan (Portunus pelagicus spp).

 

 

2.  Pada jam 16.20 sebanyak 2 ekor lobster (Panulirus sp) bertelur dan 2 ekor yang mempunyai berat di bawah 200 gr dilakukan pelepasan di laut sekitar Bungus Padang (foto terlampir) sesuai dengan Permen KP Nomor: 1/PERMEN-KP/2015.

 

 

 

 

3. Jam 16.30 datang pengguna jasa yang mau mengirim komoditi lobster (Panulirus sp) atas nama Mario (Farm Lius) dengan tujuan MJP Jakarta sebanyak 6 koli. Kemudian sesuai dengan SOP dilakukan pemeriksaan fisik ulang di temukan  2 ekor dalam keadaan bertelur dan 35 ekor yang mempunyai berat di bawah 200 gr. Kemudian dilakukan penahanan karena bertentangan dengan Permen KP Nomor: 1/PERMEN-KP/2015 dan Surat Edaran Nomor: 18/Men-KP/I/2015 tentang Penangkapan Lobster (Panulirus spp), Kepiting (Scylla spp), dan Rajungan (Portunus pelagicus spp).

4. Pada jam 17.10 sebanyak 2 ekor lobster (Panulirus sp) bertelur dan 35 ekor yang mempunyai berat di bawah 200 gr dilakukan pelepasan di laut sekitar Ketaping Padang (foto terlampir) sesuai dengan Permen KP Nomor: 1/PERMEN-KP/2015.

 

 

 

 

-Wasdalin Stasiun KIPM Kelas I Padang-

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



Komentar

Berita lain

 
Share | |