Indonesia | English
 
Pilih Operator pada kolom sebelah kiri
untuk melakukan Chat dengan menggunakan Y! messenger


 
Download YM!
 


CAPCHA » CAPCHA »
 
 
Anda dapat menuliskan pengaduan, kritik dan saran kepada BKIPM
kami akan secepatnya merespon pesan anda

terima kasih

53.090.971
 
 
 
 
BKIPM Perwakilan Timika, Jayapura, dan Denpasar Berhasil Menggagalkan Penyelundupan 6.510 Ekor Kura Kura Moncong Babi

Senin, 26 Januari 2015 02:28, oleh: Administrator
 

Pada hari Kamis, 22 Januari 2015, melalui kerja sama dan koordinasi yang sangat baik antara Wilker KIPM Timika, Balai KIPM Kelas I Jayapura, dan Balai KIPM Kelas I Denpasar, petugas karantina di Timika dan Denpasar berhasil menggagalkan upaya penyelundupan kura-kura moncong babi sebanyak 6.510 ekor.

Adapun kronologis kejadian adalah sebagai berikut :

1. Pukul 11.20 WIT pada saat petugas karantina Wilker Timika sedang piket harian seperti biasa, melihat hal yang mencurigakan pada bagasi (berupa koper) yang hendak diangkat menggunakan pesawat Garuda GA-653. Pada saat pengawasan terhadap bagasi tersebut ketika hendak diangkat ke dalam pesawat, bagasi tersebut terjatuh dan terbuka. security Bandara Mozes Kilangin Timika dan petugas karantina menghampiri koper tersebut dan ternyata koper tersebut berisi kura-kura moncong babi. Selanjutnya koper tersebut segera dibawa ke ruang security bandara oleh kedua pihak untuk diamankan dan diproses lebih lanjut.

2. Koper tersebut merupakan bagasi tujuan Denpasar dengan label GA 665717 an. Muniyem, berisi 10 Tupperware dan 2 keranjang dengan kura-kura mocong babi didalamnya.

3. Selanjutnya petugas karantina menghubungi KSDA Timika untuk melakukan penghitungan secara bersama disaksikan oleh security dan KP3 Bandara. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa jumlah kura-kura moncong babi sebanyak 1.226 ekor.

4. Melalui penyelidikan lebih lanjut terhadap koper tersebut, yang dilakukan oleh Pjb. Wilker Timika an. Erik Ariyanto, A.Md, ditemukan dua label bagasi lagi yaitu GA 665558 an. Tumiran dan GA 665195 an. Mardon tujuan Denpasar dan diduga kuat sudah ada didalam pesawat GA-653.

5. Selanjutnya Pjb. Wilker Timika menghubungi Kasie Wasdalin Balai KIPM Kelas I Jayapura untuk melaporkan kejadian tersebut.

6. Karena terdapat dugaan kuat bahwa masih ada 2 bagasi lagi yang sudah dalam pesawat, maka Kasie Wasdalin Jayapura segera menghubungi Kasie Wasdalin Balai KIPM Kelas I Denpasar (Sdr. Gatot Perdana, A.Pi., MP) untuk mengkomunikasikan bahwa terdapat komoditi yang dilindungi dalam pesawat GA653 tujuan Denpasar.

7. Melalui komunikasi yang intens antara kedua pihak dan pengawasan oleh Balai KIPM Kelas I Denpasar, 2 bagasi tersebut berhasil ditemukan oleh petugas karantina Denpasar. Kedua bagasi tersebut berisi 5.284 ekor kura-kura moncong babi, sehingga total kura-kura moncong babi yang berhasil diselamatkan oleh seluruh petugas karantina sejumlah 6.510 ekor.

Demikian kronologis kejadian. Dari peristiwa tersebut, diduga kuat bahwa modus yang digunakan adalah menyelundupkan komoditi yang dilindungi tersebut dengan menggunakan nama penumpang yang hendak berangkat tanpa diketahui oleh yang bersangkutan. Kasus ini sudah dilimpahkan kepada KSDA Timika, dan sedang dalam penyelidikan Unit Tipiter Satreskrim Polres Mimika.

 

- Wasdalin Jayapura -



Komentar

Berita lain

 
Share | |