Indonesia | English
 
Pilih Operator pada kolom sebelah kiri
untuk melakukan Chat dengan menggunakan Y! messenger


 
Download YM!
 


CAPCHA » CAPCHA »
 
 
Anda dapat menuliskan pengaduan, kritik dan saran kepada BKIPM
kami akan secepatnya merespon pesan anda

terima kasih

52.699.704
 
 
 
 
Layanan Penerbitan Sertifikat Penerapan HACCP - Persyaratan

Setiap UPI baik yang dimiliki oleh perorangan maupun badan usaha wajib memiliki Sertifikat Penerapan PMMT berdasarkan HACCP.

Ruang lingkup UPI meliputi tempat/unit yang melakukan sebagian atau keseluruhan kegiatan penanganan dan atau pengolahan hasil perikanan.

Sertifikat Penerapan PMMT berdasarkan HACCP dalam satu unit manajemen dibedakan berdasarkan jenis olahan, unit proses dan/atau potensi bahaya (hazard) yang berbeda.

Unit Pengolahan Ikan yang belum menerapkan 7 prinsip HACCP akan diberikan Sertifikat Penerapan Persyaratan Dasar HACCP.

Mempekerjakan sekurang-kurangnya 1 (satu) orang penanggungjawab mutu yang mempunyai sertifikat HACCP di bidang perikanan.

Untuk memperoleh Sertifikat Penerapan PMMT berdasarkan HACCP dimaksud, UPI harus:
  1. Memiliki dan menerapkan Sistem HACCP secara konsisten sesuai dengan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor KEP.052.A/MEN/2013 tentang Persyaratan Jaminan Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan pada Proses Produksi, Pengolahan dan Distribusi minimal 1 (satu) bulan proses;
  2. Memiliki Identitas Pemohon;
  3. Memiliki SKP;
  4. Memiliki NPWP;
  5. Melakukan produksi secara aktif;
  6. Hasil temuan Inspeksi dan Tinjauan Tindakan Koreksi harus didokumentasikan.
  7. Sertifikat Penerapan PMMT berdasarkan HACCP berlaku selama 1 (satu) tahun dan dapat diperpanjang untuk jangka waktu yang sama melalui verifikasi setiap satu tahun sekali untuk menjamin serta memelihara konsistensi penerapan HACCP oleh UPI.
  8. Prosedur Penerbitan Sertifikat Penerapan HACCP berdasarkan permohonan dari UPI dan berdasarkan program verifikasi tahunan dari Otoritas Kompeten.

Date modified : 13 September 2017 01:35