Indonesia | English
 
Pilih Operator pada kolom sebelah kiri
untuk melakukan Chat dengan menggunakan Y! messenger


 
Download YM!
 


CAPCHA » CAPCHA »
 
 
Anda dapat menuliskan pengaduan, kritik dan saran kepada BKIPM
kami akan secepatnya merespon pesan anda

terima kasih

52.696.721
 
 
 
 
Detail - IAS - Invasive Alien Species - IKAN TILAPIA


Nama / SpeciesIkan Tilapia
Nama LatinRutilus rutilus
KingdomAnimalia
Phylum / DivisiChordata
FamilyCyprinidae
GenusRutilus
DescriptionRutilus rutilus umumnya dikenal dengan sebutan roach, merupakan ikan air tawar yang berasal dari perairan di wilayah Eropa dan Asia. Ikan jenis ini mampu hidup di perairan payau. Rutilus ritilus adalah jenis ikan omnivora yang tersebar luas di wilayah Eropa dan menjadi invasif di wilayah Irlandia dan Italia. Di Irlandia, ikan ini diketahui berdampak pada perubahan komposisi komunitas ikan endemik dan berdampak pula pada kondisi lingkungan perairan.
Patogenpatogen tilapia
DampakDampak yang dapat ditimbulkan oleh ikan jenis ini seperti yang telah terjadi di Irlandia adalah penurunan populasi spesies ikan endemik melalui kompetisi makanan dan sumberdaya penting lainnya. Selain dengan jenis ikan endemik yang ada di sana, ikan Rutilus rutilus juga berkompetisi dalam hal sumber makanan dengan tufted duck (Aythya fuligula).
Nama Umumroach
Status di indonesiaSudah Ada di Indonesia
Penyebaran Daerah AsliAfghanistan, Albania, Andorra, Armenia, Austria, Azerbaijan, Belarus, Belgia, Bosnia & Herzegovina, Bulgaria, Cina, Kroasia, Republik Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Prancis, Georgia, Jerman, Yunani, Hungaria, Iran, Islamic Republic of, Irlandia, Isle of Man, Italia, Jersey, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Latvia, Liechtenstein, Lithuania, Luksemburg, Makedonia, Moldova, Mongolia, Montenegro, Belanda, Norwegia, Polandia, Rumania, Rusia, Serbia, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, Swiss, Tajikistan, Turki, Ukraina, Inggris, Uzbekistan.
Penyebaran Daerah AsingAustralia, Azores, Siprus, Madagaskar, Maroko, Portugal
Karakteristik KhususIkan ini merupakan jenis ikan air tawar yang bisa ditemukan di danau dan sungai. Ikan ini bisa mentolerir salinitas perairan sehingga masih bisa hidup di perairan payau.
  
 Back