Indonesia | English
 
Pilih Operator pada kolom sebelah kiri
untuk melakukan Chat dengan menggunakan Y! messenger


 
Download YM!
 


CAPCHA » CAPCHA »
 
 
Anda dapat menuliskan pengaduan, kritik dan saran kepada BKIPM
kami akan secepatnya merespon pesan anda

terima kasih

52.695.221
 
 
 
 
Detail - IAS - Invasive Alien Species - CATFISH


Nama / SpeciesCatfish
Nama LatinPterygoplichthys spp
KingdomAnimalia
Phylum / DivisiChordata
Family Loricariidae
GenusPterygoplichthys
DescriptionMerupakan ikan pemakan detritus dengan panjang maksimal mencapai 70 cm. Memiliki toleransi terhadap suhu dan lingkungan perairan yang buruk, berkulit luar keras dan seperti duri. Berwarna kehitaman dengan pola bintik berwarna putih menyelimuti seluruh tubuh dengan sirip punggung yang tinggi dan panjang.
Patogen-
DampakDampak yang dapat ditimbulkan oleh ikan jenis ini meliputi perubahan struktur lingkungan perairan, gangguan rantai makanan, persaingan dengan spesies endemik dalam hal pemanfaatan sumberdaya penting seperti makanan dan ruang hidup, perubahan komunitas tumbuhan air, dan kerusakan pada alat tangkap ikan.
Nama Umumsouthern sailfin catfish (Pterygoplichthys anisitsi), vermiculated sailfin catfish (Pterygoplichthys
Status di indonesiaSudah Ada di Indonesia
Penyebaran Daerah AsliAmerika Selatan, Argentina
Penyebaran Daerah AsingAmerika Serikat, Bangladesh, Puerto Rico, Hawaii, Kosta Rika, Turki, Meksiko, Guatemala, Filipina, Singapura, Thailand, Indonesia, Malaysia, Taiwan, India, Jepang, Vietnam.
Karakteristik KhususBerwarna kehitaman dengan pola bintik berwarna putih menyelimuti seluruh tubuh dengan sirip punggung yang tinggi dan panjang. Dapat ditemukan di berbagai habitat, mulai dari sungai dataran tinggi yang relatif dingin, berarus deras dan kaya oksigen dan air yang mengalir tenang, sungai dataran rendah yang hangat dan kolam stagnan yang miskin oksigen
  
 Back