Indonesia | English
 
Pilih Operator pada kolom sebelah kiri
untuk melakukan Chat dengan menggunakan Y! messenger


 
Download YM!
 


CAPCHA » CAPCHA »
 
 
Anda dapat menuliskan pengaduan, kritik dan saran kepada BKIPM
kami akan secepatnya merespon pesan anda

terima kasih

52.695.347
 
 
 
 
Detail - IAS - Invasive Alien Species - IKAN KALAJENGKING


Nama / SpeciesIkan Kalajengking
Nama LatinPterois volitans
KingdomAnimalia
Phylum / DivisiChordata
FamilyScorpaenidae
GenusPterois
DescriptionPterois volitans adalah ikan tropis yang memiliki bentuk dan warna yang indah. Ikan ini merupakan ikan hias yang sangat indah tetapi sangat berbahaya. Ikan jenis ini memiliki bisa/racun yang terletak pada duri sirip punggung dan sirip anal. Warna dasar ikan ini adalah hitam dengan membran sirip dan garis vertikal berwarna coklat kemerahan
Patogenpatogen kalajengking
DampakDampak yang dapat ditimbulkan dari ikan jenis ini adalah penurunan populasi suatu spesies ikan dengan cara predasi sehingga menurunkan keanekaragaman hayati pada suatu habitat dan bahkan menyebabkan kepunahan suatu spesies. Dampak pada kesehatan manusia adalah racun yang terdapat pada duri menimbulkan efek pada kardiovaskuler, neuromuskular, dan cytolytic dengan berbagai reaksi seperti pembengkakan dengan rasa sakit yang hebat dan bahkan kelumpuhan. Toksin dalam lionfish mengandung racun acetylcholine dan neurotoksin yang mempengaruhi transmisi neuromuskular.
Nama Umumfirefish, lionfish, lionfish scorpion, ornate butterfly-cod, red firefish, red lionfish, scorpion fi
Status di indonesiaSudah Ada di Indonesia
Penyebaran Daerah AsliAustralia, Cina, Pulau Christmas (Samudera Hindia), Cocos, Pulau Cook, Fiji, Polinesia Prancis, Guam, Hong Kong, India, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Maladewa, Kepulauan Marshall, Mauritius, Mikronesia, Mozambik, New Caledonia, Selandia Baru, Pulau Norfolk, Kepulauan Mariana Utara, Palau, Papua Nugini, Philipina, Pitcairn, Samoa, Sri Lanka, Taiwan, Vanuatu, Vietnam.
Penyebaran Daerah AsingSamudera Atlantik, Bahamas, Barbados, Belize, Bermuda, Cayman Isl ands, Kolumbia, Kosta Rika, Kuba, Republik Dominika, Honduras, Jamaica, Meksiko, Antillen Belanda, Nikaragua, Panama, Puerto Rico, Republik Haiti, Kepulauan Turks dan Caicos, Amerika Serikat, Venezuela, Virgin Islands.
Karakteristik KhususWarna dasar ikan ini adalah hitam dengan membran sirip dan garis vertikal berwarna coklat kemerahan. ikan laut tropis yang bisanya hidup di perairan dengan suhu diantara 22 °C - 28 °C. Mereka bisa hidup pada kedalaman 10 meter sampai dengan 175 meter dan lebih menyukai daerah terumbu karang dan daerah berbatu
  
 Back