Indonesia | English
 
Pilih Operator pada kolom sebelah kiri
untuk melakukan Chat dengan menggunakan Y! messenger


 
Download YM!
 


CAPCHA » CAPCHA »
 
 
Anda dapat menuliskan pengaduan, kritik dan saran kepada BKIPM
kami akan secepatnya merespon pesan anda

terima kasih

49.365.455
 
 
 
 
Detail - IAS - Invasive Alien Species - IKAN PIRANHA


Nama / SpeciesIkan Piranha
Nama LatinSerrasalmus sanchezi
KingdomAnimalia
Phylum / DivisiChordata
FamilyCharacidae
GenusSerrasalmus
DescriptionSerrasalmus sanchezi atau dinamakan Ruby-red Piranha/Ruby-red Throated Piranha karena memiliki warna perut merah cerah yang terlihat tajam. Panggul yang berbintik-bintik warna perak. Bentuk tubuh pipih dan bentuk kepala cekung. Sirip pectoral merah, sirip anal abu-abu kemerahan, dan sirip dorsal, ventral dan adiposa berwarna abu-abu tembus. Sirip ekor berwarna gelap dengan garis tengah berwarna abu-abu sampai putih. Warna mata merah. Juvenil berwarna keperakan dan ditutupi dengan bintik warna hitam berukuran kecil dan terlihat sangat mirip dengan ikan remaja pada sebagian besar spesies piranha lainnya.
Patogenpatogen piranha
DampakDampak yang dapat ditimbulkan oleh spesies ini adalah kerusakan ekosistem ikan asli, bahkan menghilangkan suatu populasi ikan
Nama Umumruby-red piranha, ruby-red throated piranha
Status di indonesiaSudah Ada di Indonesia
Penyebaran Daerah AsliHabitat asli dari Serrasalmus sanchezi berlimpah di wilayah umum Peru, Loreto, dan lebih sedikit terdapat di Rio Ucayali, Reserva Nasional Pacaya Samiria.
Penyebaran Daerah AsingRio Pacaya, Cocha Tamara
Karakteristik Khususmemiliki warna perut merah cerah yang terlihat tajam. Panggul yang berbintik-bintik warna perak. Bentuk tubuh pipih dan bentuk kepala cekung. Habitat spesies ikan ini adalah perairan tawar seperti sungai, kolam dan danau.
  
 Back