Indonesia | English
 
Pilih Operator pada kolom sebelah kiri
untuk melakukan Chat dengan menggunakan Y! messenger


 
Download YM!
 


CAPCHA » CAPCHA »
 
 
Anda dapat menuliskan pengaduan, kritik dan saran kepada BKIPM
kami akan secepatnya merespon pesan anda

terima kasih

53.174.899
 
 
 
 
EKSPEDISI BANGGAI RESCUE PROJECT DI KABUPATEN BANGGAI KEPULAUAN

01 Januari 1970 07:00, oleh: Mohammad Zamrud

Pada tanggal 22 - 28 Juni 2012, Kabupaten Banggai Kepulauan Propinsi Sulawesi Tengah mendapatkan kunjungan dari Tim Peneliti Banggai Rescue Project yang bekerjasama dengan Balai Besar Riset Perikanan Budidaya Laut Gondol dan Yayasan Alam Indonesia Lestari (LINI). Adapun tim peneliti berasal dari University of Florida, USA terdiri atas Dr. Matthew L. Wittenrich, Dr. Roy Yanong, dan Dr. Tom Waltzek serta Mr. Ret Talbot dari Coral Magazine. Sedangkan dari pihak BBRPBL Gondol diwakili oleh Bapak Ir. Zafran, M.Sc dan bapak Ir. Yunaldi Yahya mewakili Yayasan LINI serta tidak ketinggalan pihak Stasiun KIPM Kelas II Luwuk Banggai turut mendampingi tim peneliti. Ekspedisi ini dimaksudkan untuk melihat langsung populasi ikan Capungan Banggai atau yang dikenal dengan Banggai Cardinalfish (BCF) di habitat aslinya terhadap infeksi iridovirus yang menyerang ikan hias laut.

Menurut informasi, bahwa iridovirus di USA menyerang ikan capungan Banggai dan menyebabkan kematian massal baik di importir maupun breeder sehingga menyebabkan kerugian ekonomi yang tidak sedikit. Penelitian yang dilakukan oleh University of Florida Tropical Aquaculture Laboratory (2009) mengkonfirmasikan strain baru dari iridovirus yaitu Banggai Cardinal Iridovirus (BCIV) yang memiliki genus Megalocytivirus dengan sifat serangan spesifik.  

Di Banggai Kepulauan, tim melakukan observasi lapangan dan pengambilan sampel (sampling) pada tiga lokasi (desa Toropot, desa Bonebaru, dan desa Tolokibit) untuk diuji secara histopatologi dan biologi molekuler di BBRPBL Gondol. Dalam kesempatan ini juga tim ekspedisi mengunjungi Balai Benih Ikan Pantai (BBIP) Paisubatango untuk melihat secara langsung kegiatan diseminasi budidaya BCF.

 

#Info Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan



Komentar

Kegiatan lain

 
Share | |
 
Berita Terkini