Indonesia | English
 
Pilih Operator pada kolom sebelah kiri
untuk melakukan Chat dengan menggunakan Y! messenger


 
Download YM!
 


CAPCHA » CAPCHA »
 
 
Anda dapat menuliskan pengaduan, kritik dan saran kepada BKIPM
kami akan secepatnya merespon pesan anda

terima kasih

26.887.690
 
 
 
 
Survailance Kesegaran Ikan, Kandungan Residu & Cemaran Bahan Berbahaya Kimia/Biologi Periode Agustus 2017 di Kios-Kios Penjual Ikan di Merauke

24 Agustus 2017 12:56, oleh: Stasiun KIPM Kelas II Merauke

Peredaran komoditi perikanan dan konsumsi masyarakat yang semakin meningkat menjelang Raya Idul Adha 1438H, Tim Terpadu yang terdiri dari unsur UPT SKIPM Kelas II Merauke, Dinas Perikanan Kabupaten Merauke, BPPMHP Papua-Merauke, dan Badan Pengawasan Obat dan Makanan Papua-Pos Merauke pada hari Kamis (24/08/2017) bersama-sama melakukan Survailance Kesegaran Ikan, Kandungan Residu dan Cemaran Bahan Berbahaya Kimia/Biologi untuk Periode Agustus Tahun 2017 di Kios-Kios Penjual Ikan yang ada di wilayah Kabupaten Merauke. Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh ketua Tim Terpadu yaitu Bapak Ainul Djarod, S.PKP.

Dalam rangka menjaga keamanan hasil perikanan yang layak konsumsi, Tim Terpadu juga melakukan pengujian cepat terhadap produk perikanan di tingkat laboratorium melalui beberapa parameter diantaranya adalah: pengujian organoleptik, kandungan formalin, histamin, kandungan Sianida (Sn), Timah (Pb), Arsen (As), dan pengujian mikrobiologi yang meliputi kandungan Bakteri Eschericia coli dan Salmonella sp.

Pengambilan data primer dan wawancara dilakukan secara langsung kepada Penjual dan Masyarakat selaku pembeli dalam kegiatan kali ini. Masyarakat dan penjual ikan di Kios-Kios tersebut sangat menyambut positif dengan diadakannya kegiatan Survailance kesegaran Ikan tersebut. Harapannya kegiatan ini dapat dilakukan secara rutin dan berkesinambungan. Selain itu, masyarakat mengharapkan agar mendaptkan informasi yang lengkap mengenai komoditi perikanan yang layak dikonsumsi melalui berbagai saluran media massa dan sosial. Kegiatan ini diharapkan dapat meminimalisir cemaran bahan berbahaya pada komoditi dan produk perikanan di wilayah kabupaten Merauke, dan memberikan rasa aman terhadap masyarakat dalam mengkonsumsi komoditi dan produk perikanan yang dibelinya.

Dokumentasi :

 

 



Komentar

Kegiatan lain

 
Share | |
 
Berita Terkini