Indonesia | English
 
Pilih Operator pada kolom sebelah kiri
untuk melakukan Chat dengan menggunakan Y! messenger


 
Download YM!
 


CAPCHA » CAPCHA »
 
 
Anda dapat menuliskan pengaduan, kritik dan saran kepada BKIPM
kami akan secepatnya merespon pesan anda

terima kasih

53.088.464
 
 
 
 
Ekspor Perdana Bengkulu

03 Februari 2017 03:54, oleh: Stasiun KIPM Kelas II Bengkulu

 

AKSELERASI EKSPOR PERDANA PRODUK PERIKANAN BENGKULU

 

 

Wilayah Provinsi Bengkulu memiliki garis pantai sepanjang 525 kilometer berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia yang menyebabkan Provinsi Bengkulu memiliki luas Laut Teritorial sebesar 53.000 km2 dan luas Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE jarak 12 - 200 mil laut dari pantai) mencapai  685.000 km2. Provinsi Bengkulu ditinjau dari letak geografisnya terletak di antara 101001’– 1030 41’ BT dan 20 16’ – 30 31’ LS terletak disebelah barat pegunungan Bukit Barisan dan memanjang dari perbatasan Provinsi Sumatera Barat sampai ke perbatasan Provinsi Lampung sepanjang lebih kurang 567 kilometer.

Data Departemen Kelautan dan Perikanan, Provinsi Bengkulu memiliki potensi sebesar 145.334 ton dengan hasil 39.203,3 ton, sedangkan untuk potensi perikanan darat, telah dimanfaatkan meski juga belum optimal. Data yang ada menunjukan hasil tangkapan tahun 2006 menghasilkan 145.334 ton ikan. Dengan sumber daya yang ada, maka potensi ikan demersal di wilayah Provinsi Bengkulu mencapai 27.000 ton per tahun, pelagis sebanyak 86.000 ton per tahun, tuna sebanyak 8600 ton per tahun, cakalang mencapai 13.000 ton, ikan karang sebanyak 1.250 ton, tenggiri 4.000 ton, tongkol 3.800 ton, lobster 320 ton, udang karang 2200 ton dan cumi-cumi sebanyak 169 ton per tahun.

Memperhatikan kondisi geografis dan hasil pontensi perikanan di Provinsi Bengkulu maka sektor perikanan mempunyai peranan yang cukup besar dalam pergerakan perekonomian Provinsi Bengkulu. Akan tetapi hasil potensi perikanan belum maksimal di kelola. Selama ini produk perikanan Bengkulu masih dilalulintaskan Domestik ke Jakarta dan kota lainnya dan hanya sebagai pemasok/suplai bahan baku untuk ekspor otomatis produk/komoditi punya Bengkulu tetapi Jakarta punya nama atau kota lain yang punya nama. Adapun jumlah produk/komoditi perikanan yang dilalulintaskan melalui BKIPM Bengkulu dalam rupiah sebesar Rp. 200.109.796.534 (Dua ratus milyar seratus sembilan juta tujuh ratus sembilan puluh enam ribu lima ratus tiga puluh empat rupiah). Melihat kondisi itu Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM Bengkulu) selaku otoritas kompeten dalam menggaransi Jaminan Mutu produk perikanan berupaya membuka kran ekspor ke sejumlah Negara.

Upaya-upaya akselerasi ekspor yang terus dilakukan secara sistematis, yaitu dengan menfasilitasi stake holder duduk bersama yaitu BKIPM Bengkulu, Garuda Indonesia Airways, eksportir, Bea Cukai dan ini di support oleh Pemerintah Daerah dalam hal ini Gubernur Bengkulu. Hasil kerja keras itu membuahkan hasil dengan terealisasinya ekspor produk perikana live crabs berupa sampel tujuan Negara Singapore. Produk perikanan live crabs berasal dari pulau Enggano. Sejalan dengan Intuksi Presiden Pulau Enggano merupakan pulau terluar yang harus dibangun.    Ini merupakan ekspor perdana produk perikanan provinsi Bengkulu yang kita harapkan menjadi efek sebar dan berantai untuk tumbuhnya ekspor-ekspor perikanan lainnya di provinsi Bengkulu.

Sebagai alinea terakhir penulis menngarisbawahi semua ini adalah upaya akselerasi ekspor  produksi perikanan dalam memacu pertumbuhan ekonomi dan sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bengkulu.

 



Komentar

Kegiatan lain

 
Share | |
 
Berita Terkini