Indonesia | English
 
Pilih Operator pada kolom sebelah kiri
untuk melakukan Chat dengan menggunakan Y! messenger


 
Download YM!
 


CAPCHA » CAPCHA »
 
 
Anda dapat menuliskan pengaduan, kritik dan saran kepada BKIPM
kami akan secepatnya merespon pesan anda

terima kasih

53.088.871
 
 
 
 
KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN MENGGAGALKAN PENGIRIMAN KEPITING TUJUAN EKSPOR

03 Februari 2017 03:25, oleh: Balai Besar KIPM Jakarta I

          

              Sebagai bentuk komitmen dalam  mengimplementasikan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor  : 56 /PERMEN-KP/2016 tentang Larangan Penangkapan  dan/atau Pengeluaran Lobster (Panulirus spp.), Kepiting  (Scylla spp.,), dan Rajungan  (Portunus spp.,), dari wilayah Negara Republik Indonesia, petugas Balai Besar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Jakarta I pada hari Rabu tanggal 02 Februari 2017,   pada saat pemeriksaan jenis dan jumlah digudang area Gatrans telah menggagalkan pengiriman kepiting yang berukuran dibawah standar (dibawah 200 gram) yang ditetapkan.  Kepiting berukuran dibawah standar, tidak boleh dilalulintaskan sebelum mencapai ukuran yang ditetapkan untuk menjaga kelestarian kepiting tersebut. Pengiriman kepiting berukuran dibawah 200 gram secara terus menerus mengakibatkan kepiting tidak akan pernah mencapai ukuran matang gonad dan bertelur.  Pembatasan dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepiting untuk bertelur diharapkan dapat menyeimbangkan kembali jumlah kepiting yang terdapat di alam.  

 

 

           

           Jumlah kepiting yang tidak memenuhi syarat pengiriman sebanyak 3 koli dengan total 402 ekor. Informasi dari data pengiriman menunjukkan pelmilik Mantaou  CV Alam Laut, dengan tujuan pengiriman Ghuangzhou. Tindakan karantina yang dilakukan oleh pihak Karantina Ikan BBKIPM Jakarta I adalah penahanan di instalasi milik Balai Besar KIPM Jakarta I.

          Kepiting tersebut telah dilepasliarkan kembali ke habitat alamnya yaitu di kawasan  Arboretum hutan Mangrove.  Pelepasliaran akan dilakukan dengan pemilihan tempat yang paling cocok dengan asal usul dari kepiting tersebut untuk memperkecil jumlah kematian yang mungkin terjadi saat kepiting dikembalikan ke habitat aslinya. Tindakan pelepasliaran ini akan melibatkan komponen masyarakat dan Instansi terkait tempat pelepasliaran Dinas Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta, agar masyarakat setempat turut serta berpartisipasi menjaga agar kepiting memiliki kesempatan untuk berkembangbiak ditempat pelepasliaran.

 



Komentar
1. Administrator - 05 Februari 2017 13:19
Selamat #KerjaGembira

Kegiatan lain

 
Share | |
 
Berita Terkini