Indonesia | English
 
Pilih Operator pada kolom sebelah kiri
untuk melakukan Chat dengan menggunakan Y! messenger


 
Download YM!
 


CAPCHA » CAPCHA »
 
 
Anda dapat menuliskan pengaduan, kritik dan saran kepada BKIPM
kami akan secepatnya merespon pesan anda

terima kasih

53.052.643
 
 
 
 
SKIPM Kelas I Palu Kembali Lepasliarkan Kepiting di Bawah Ukuran

25 Januari 2017 05:29, oleh: 21.0

Fungsi strategis BKIPM adalah perlindungan sumberdaya hayati perikanan serta instrumen perdagangan internasional.  SKIPM Kelas I selalu selalu siap melindungi sumberdaya hayati perikanan pada 6 (enam) kabupaten/kota di Sulawesi Tengah.  Sebagai gambaran, sejak diberlakukan PERMEN KP nomor 56 pada tanggal 15 Desember 2016 hingga tulisan ini dibuat (26 Januari 2017), penolakan pengiriman kepiting dibawah ukuran (<200 gram) telah 4 kali dilakukan dengan jumlah + 60 ekor dan dilakukan pelepasliaran sebanyak 2 kali. SKIPM Kelas I Palu melakukan pendekatan persuasif terhadap pelaku pelanggaran PERMEN 56 tahun 2016 agar kepiting di bawah ukuran tidak ditangkap dan dilepasliarkan di habitatnya.
Rabu, 25 Januari 2017 pihak SKIPM Kelas I Palu kembali melakukan pelepasliaran kepiting bakau secara mandiri dengan pelaku usaha. Tujuannya, sebagai unsur edukasi dan peningkatan kesadaran terhadap pentingnya menjaga kelestarian sumberdaya kepiting bakau, ungkap kepala Stasiun KPM Kelas I Palu (Bapak Khoirul Makmun, S.Pi., M.M).
Pengelolaan perikanan, idealnya dilakukan secara partisipatif, terintegrasi, sinergi, dan sistemik yang melibatkan segenap pemangku kepentingan berserta masyarakat. Pengelolaan sumberdaya perikanan berbasis kolaboratif antara masyarakat dan pemerintah merupakan salah satu solusi terbaik dalam pengelolaan sumberdaya yang berkelanjutan. Dari sisi administrasi dan pelaksanaan, dibandingkan dengan pengelolaan yang bersifat sentralistik, manajemen pengelolaan perikanan yang kolaboratif  membutuhkan biaya yang lebih sedikit, serta lebih efektif dalam pengawasannya.


Oleh : Irmawan S (Kasubsi wasdalin SKIPM Palu).



Komentar

Kegiatan lain

 
Share | |
 
Berita Terkini