Indonesia | English
 
Pilih Operator pada kolom sebelah kiri
untuk melakukan Chat dengan menggunakan Y! messenger


 
Download YM!
 


CAPCHA » CAPCHA »
 
 
Anda dapat menuliskan pengaduan, kritik dan saran kepada BKIPM
kami akan secepatnya merespon pesan anda

terima kasih

53.054.885
 
 
 
 
PEMUSNAHAN MEDIA PEMBAWA HAMA DAN PENYAKIT IKAN KARANTINA DI BALAI KIPM KELAS II MANADO

08 Agustus 2016 08:34, oleh: Balai KIPM Kelas II Manado

Tingginya lalu lintas komoditi perikanan selain berdampak positif juga memiliki dampak negatif konsekuensi dari kegiatan tersebut secara langsung akan meningkatkan juga potensi atau resiko penyebaran hama dan penyakit ikan sehingga menimbulkan kerugian sosial ekonomi yang tinggi dari area satu ke area lain.

Berdasarkan UU No. 16 tahun 1992 tentang karantina hewan, tumbuhan dan ikan dan PP No. 15 tahun 2002 tentang karantina ikan, dimana Karantina ikan memiliki tugas pokok dan fungsi mencegah masuk dan tersebarnya hama penyakit dari dan keluar negeri dan dari satu area ke area lain di dalam negeri. dan dalam melaksanakan tugasnya kerap kali di temui pelanggaran-pelanggaran yang di lakukan oleh pengusaha, individu, atau pengguna jasa yang nakal dan mencoba tidak mematuhi aturan. dan hasil dari itu lah yang kemudian akan di musnah kan dalam kegiatan yang kita lakukan ini.

Dengan bertempat di lingkungan Kantor Balai KIPM Kelas II Manado, pada hari kamis, 4 agustus 2016. kami melakukan pemusnahan Media pembawa hama dan penyakit ikan karantina dengan komoditi yang dimusnahkan antara lain Kepiting Bakau sebanyak 29 ekor, Lobster beku sebanyak 15 kg, Ikan Hias Air Tawar sebanyak 1 ekor, daging salmon, kerapu segar sebanyak 60 kg, kerapu segar sebanyak 44 kg, dan kepiting kenari sebanyak 10 ekor.

Komoditi yang akan dimusnahkan tersebut didapati dari pengguna jasa yang tidak dilengkapi surat karantina ikan, setelah dilakukan penolakan dan tidak diurus oleh pemiliknya.atau media pembawa yang dilarang.

dalam kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala Polsek Bandara Sam Ratulangi Manado Bapak IPtu Jeffri poluan, Manager PT. Persero Angkasa Pura  Bapak Jerry Malinggas perwakilan dari Dinas Kelautan dan Perikanan povinsi Sulawesi Utara, Pengguna jasa karantina ikan dan Perwakilan Unit Pengolahan Ikan.

Tujuan dari pemusnahan ini adalah mencegah masuk dan tersebarnya hama penyakit ikan/Hama penyakit ikan Karantina kedalam Wilayah kerja Balai KIPM Kelas II Manado, menimbulkan efek jera agar tidak melalulintaskan media pembawa tanpa mengikuti prosedur karantina, serta meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berperan serta dalam menjaga kelestarian hayati ikan dengan melaporkan pemasukan dan pengeluaran media pembawa kepada petugas karantina ikan.

 



Komentar

Kegiatan lain

 
Share | |
 
Berita Terkini