Indonesia | English
 
Pilih Operator pada kolom sebelah kiri
untuk melakukan Chat dengan menggunakan Y! messenger


 
Download YM!
 


CAPCHA » CAPCHA »
 
 
Anda dapat menuliskan pengaduan, kritik dan saran kepada BKIPM
kami akan secepatnya merespon pesan anda

terima kasih

11.811.086
 
 
 
 
Kegiatan In House Training Pengujian Virus KHV dan WSSV dengan Metode PCR (Biomolekuler) di Stasiun KIPM Kelas I Ambon

03 Juli 2013 03:00, oleh: Stasiun KIPM Kelas I Ambon

Stasiun KIPM Kelas I Ambon mengadakan Kegiatan In House Training Pengujian Virus KHVdan WSSV dengan Metode PCR (Biomolekuler) yang dimulai pada tanggal 3 Juli sampai dengan tanggal 5 Juli 2013 dengan narasumber dari kegiatan ini adalah Ibu Zakiyah Widowati, S.Pi, M.Si dari Balai Uji Standar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BUSKIPM). Pembukaan Kegiatan dilaksanakan oleh Kepala Stasiun KIPM Kelas I Ambon Bapak Suprayogi, S.Pi,MP.

Kegiatan In house Training terdiri atas 2 sesi yaitu teori pemeriksaan HPIK virus dengan PCR dan RT-PCR dan  kegiatan praktikum dilaksanakan di laboratorium. Kegiatan di laboratorium diantaranya adalah setting mesin PCR, UV documentation, trouble shooting peralatan uji molekuler, penanganan limbah laboratorium biologi molekuler, melakukan proses ekstraksi sampel dengan menggunakan metode DTAB-CTAB (IQ 2000) untuk sampel udang dan kepiting bakau, preparasi untuk deteksi PCR produk dengan gel Agarose. Selain itu narasumber juga mengajarkan  mengajarkan pengujian virus KHV dan WSSV dengan metode OIE.

Diharapkan output adanya kegiatan In House Training ini adalah pegawai Stasiun KIPM Kelas I Ambon mampu dan terampil dalam pengujian dibidang virus dengan metode PCR (Biomolekuler),sehingga pengujian dibidang virus dengan metode PCR dapat ditambahkan sebagai ruang lingkup pengujian di laboratorium penguji Stasiun KIPM Kelas I Ambon.



Komentar

Kegiatan lain

 
Share | |
 
Berita Terkini