Indonesia | English
 
Pilih Operator pada kolom sebelah kiri
untuk melakukan Chat dengan menggunakan Y! messenger


 
Download YM!
 


CAPCHA » CAPCHA »
 
 
Anda dapat menuliskan pengaduan, kritik dan saran kepada BKIPM
kami akan secepatnya merespon pesan anda

terima kasih

12.058.489
 
 
 
 
Bimtek Penerapan InLine Inspection ke Pembudidaya Ikan dan Bimtek Penerapan In Proses Inspection Pada Pengusaha Ikan Teri Dalam Rangka Industrialisasi

21 Juni 2013 01:18, oleh: Stasiun KIPM Kelas II Tanjung Pinang


Pada hari Kamis tanggal 6 Juni 2013 lalu, SKIPM Kelas II Tanjungpinang melaksanakan Bimbingan Teknis Penerapan In Line Inspection ke Pembudidaya Ikan. Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan pemahaman dan petunjuk bagi stakeholder untuk menerapkan prinsip-prinsip karantina ikan dalam pengelolaan unit usaha, guna mencegah masuk dan menyebarnya HPIK di wilayah Republik Indonesia atau HPI tertentu dari dalam wilayah Negara Republik Indonesia. Sehingga usaha perikanan dapat terus tumbuh berkembang tanpa terganggu dan terkendala oleh HPIK yang berbahaya.

 

 

 

Kegiatan tersebut diikuti oleh 20 peserta pelaku usaha pembudidaya ikan (pembenihan dan perbesaran) dan dihadiri juga Kabid. Sarana dan Prasarana Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bintan Bapak Juliadi Halomoan, S.Pi dan Kepala UPTD Bintan Timur Bapak Rachmat Hidayad, S.Pi serta Penyuluh pendamping ibu Sumiati, S.Pi dan Bapak Niel Edwin S.St.Pi. Sebagai Narasumber Bapak I Nyoman Suardana, S.Pi Kepala SKIPM Kelas II Tanjungpinang.

 

BIMBINGAN TEKNIS PENERAPAN IN PROSES INSPECTION PADA PELAKU USAH IKAN TERI DALAM RANGKA INDUSTRIALISASI.

Sasaran penyelenggaraan kegiatan ini diharapkan agar para pelaku usaha ikan teri mengetahui cara penanganan ikan yang baik dan benar, Setiap tahapan, mulai dari atas kapal sampai ke konsumen harus dijalankan dengan baik agar memenuhi persyaratan jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan yang diinginkan oleh konsumen, sehingga dapat bersaing baik di pasar nasional maupun internasional yang akhirnya akan menjaga kestabilan dan peningkatan produksi serta pemasaran hasil perikanan. Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 15 Juni 2013, Sebagai penyaji dalam kegiatan ini saudara Agus Sugiyanto, A.Md dan Narasumber Bapak I Nyoman Suardana, S.PI. dengan melihat kondisi pada saat ini penangan selama proses produksi ikan teri yang masih sederhana dan kurang memperhatikan sanitasi, maka dalam kesempatan ini disampaikan tentang cara penanganan ikan yang baik (Good Handling Practices) cara berproduksi yang baik (Good Manufacturing Practices) dan Sanitation Standar Operating Procedur (SSOP) untuk memberikan wawasan bagi stakeholder .



Komentar

Kegiatan lain

 
Share | |
 
Berita Terkini